Selamat datang di DPC KSPN Kota Semarang

Dewan Pimpinan Cabang Konfederasi Serikat Pekerja Nasional ( DPC KSPN ) Kota Semarang, Prop. Jawa Tengah
Jl.Letjend.Sarwo Edie Wibowo No.11 Plamongansari, Semarang Telp.(contac person) 02491016680, 02491016681,02491016682,02491016683,02491016684,02491016685, 02491016686,02491016687
E-mail : spnkotasemarang@gmail.com, Nomor bukti pencatatan : 16 / 251 / OP.CSP.91 / 2004 - 2008
Rekening DPC SPN Kota Semarang : BRI Cabang Brigjen Sudiarto , No.rek : 0435-01 000942-50-0

Kamis, 26 Juli 2012

Laporan Kerja DPC SPN 2011-2012 Bidang Organisasi

Sebagaimana sering disampaikan dalam setiap kali pertemuan, bahwa kekuatan organisasi Serikat Pekerja Nasional dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah adanya pengurus yang solid dan bertanggungjawab, adanya dukungan dan keterlibatan anggota secara nyata, serta adanya dana mandiri yang dapat dikelola dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan.
Hal ini tentu saja tidak muncul secara tiba-tiba, tapi melalui proses yang terbangun secara bertahap dan terukur. Oleh karena itu kegiatan yang telah dilakukan dibidang Organisasi ini mempunyai peranan yang cukup signifikan dalam pengembangan DPC SPN Kota Semarang khususnya dalam memperluas jaringan dan anggotanya.
Dalam laporan kerja dibidang Organisasi ini disampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan telah dibagi menjadi beberapa hal meliputi kegiatan yang sifatnya internal maupun eksternal seperti rapat-rapat, identifikasi dan inventarisasi data keanggotaan, serta pengembangan keorganisasian. Adapun kegiatan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :
RAPAT PENGURUS DPC SPN
1)    Jumat, 8 Juli 2011 di Sekretariat DPC
Pada periode ini diawali dengan rapat pengurus beserta Staf dan Advokat DPC SPN Kota Semarang, dimana materi rapat adalah terkait pembagian tugas dan menyusun skedul kerja sebagai implementasi hasil Rakercab I, disamping itu juga menata sistem keuangan organisasi sebagaimana telah ditetapkan didalam anggaran pendapatan dan belanja organisasi (APBO).
2)    Senin, 8 Agustus 2011 di Sekretariat DPC
Materi rapat meliputi mekanisme pembuatan laporan kegiatan pengurus dari masing-masing bidang, kemudian membahas kondisi dan rencana advokasi pengupahan UMK tahun 2012. Khususnya menyangkut hasil survey KHL yang dilakukan Dewan Pengupahan Kota Semarang cenderung turun. Langkah yang akan ditempuh oleh DPC SPN adalah melakukan koordinasi dengan Dewan Pengupahan Kota Semarang unsur SP/SB, koordinasi dengan SP/SB lain yang peduli upah, audensi dengan Dewan Pengupahan Kota Semarang, serta menyusun strategi perjuangan upah.
3)    Sabtu, 7 Januari 2012 di Sekretariat DPC    
Menindaklanjuti hasil verifikasi dan mempersiapkan strategi pembagian kursi di kelembagaan tripartit maupun Dewan Pengupahan Kota Semarang. Maka berdasarkan rapat pengurus telah merekomendasikan 2 (dua) orang anggota SPN untuk menduduki kursi di Dewan Pengupahan Kota Semarang yaitu sdr. Talqis Ulinuha, Spd dari PSP SPN PT. Rodeo dan sdr. Slamet Kaswanto, SH dari PSP SPN PT. Sinar Pantja Djaja sekaligus mempersiapkan proses administrasi ke Disnakertrans.
4)    Jumat, 7 Februari 2012 di RM.Jowo Deles
Pembahasan dalam rapat pengurus kali ini adalah tentang revisi standart operasional prosedur (SOP) DPC SPN Kota Semarang yang disesuaikan dengan APBO organisasi dan mempersiapkan pelaksanaan Rencana Strategis (RENSTRA) DPC SPN Kota Semarang tahun 2012.
5)    Kamis, 8 Maret 2012 di RM.Jowo Deles
Rapat Rencana Strategis (RENSTRA) yang diikuti oleh pengurus DPC beserta Staf dan Advokat DPC SPN Kota Semarang ini merupakan penyusunan  pelaksanaan kegiatan DPC SPN Kota Semarang untuk tahun 2012 sebagai implementasi RAKERCAB. Untuk pelaksanaan kali ini agak terlambat karena baru bisa diadakan pada bulan Maret 2012, mengingat padatnya agenda yang dilakukan oleh DPC SPN pada akhir tahun yang lalu. Dalam pelaksanaan RENSTRA, para pengurus DPC SPN telah menyusun agenda kerja beserta skedul dan tahapan-tahapan  dalam melaksanakan kegiatannya diantaranya kegiatan di Bidang Organisasi, Bidang Advokasi, Bidang Pendidikan dan Perempuan, Bidang Keuangan dan Penataan inventarisasi keorganisasian. Dan dalam realisasinya tentunya dibutuhkan evaluasi, kontrol dan masukan sekaligus hal-hal yang perlu diperbaiki terkait dengan agenda dan jadwal yang disusun didalam RENSTRA DPC SPN Kota Semarang untuk periode Januari hingga Desember tahun 2012.
RAPAT PLENO DPC SPN
1)    Senin, 18 Juli 2011 di Sekretariat DPC
Rapat Pleno merupakan rapat rutin yang diselenggarakan setiap bulan yang membahas berbagai persoalan yang ada dalam rangka membangun soliditas antara DPC SPN Kota Semarang dengan PSP SPN. Dalam rapat pleno ini diikuti oleh seluruh PSP SPN se_kota Semarang dan sekaligus sebagai Rapat Koordinasi dengan materi yang dibahas terkait dengan hasil RAKORDASUS tentang sosialisasi RUU BPJS sebagai implementasi dari lahirnya UU No. 40 th 2004 tentang SJSN dan pro kontra tentang RUU BPJS terkait tentang penggabungan 4 Badan Penyelenggaranya Jaminan Sosial (Askes, Asabri, Jamsostek, Taspen).
Selanjutnya dalam rapat ini juga membahas kasus yang terjadi di PSP SPN PT.Sriratu Peterongan dan mempersiapkan dukungan serta solidaritas untuk melakukan aksi/demo dalam menuntut hak pesangon anggota SPN yang ter PHK.
2)    Selasa, 16 Agustus 2011 di Sekretariat DPC
Rapat pleno ini DPC SPN Kota Semarang melakukan identifikasi pelaksanaan THR dimasing-masing perusahaan oleh PSP SPN, agar segera melakukan komunikasi atau perundingan dengan pengusaha tentang waktu dan nominal pemberian THR tersebut.
Sikap DPC SPN yang tetap menolak Survey Dewan Pengupahan Kota Semarang yang tetap memakai kompor gas, dan tetap konsisten memperjuangkan UMK dengan menggunakan survey kompor minyak tanah.
Melakukan verifikasi anggota SPN Kota Semarang yang melibatkan PSP SPN sebagai upaya advokasi dalam keterwakilan di kelembagaan Tripartit dan Dewan Pengupahan Kota Semarang.
Adanya informasi tentang diundurnya pembahasan RUU BPJS sampai dengan oktober 2011.
3)    Selasa, 13 September 2011 di Sekretariat DPC
Sosialisasi hasil Rapat Koordinasi Nasional Khusus (RAKORNASUS) yang dilaksanakan  oleh DPP SPN di Bandungan pada tanggal 13 – 14 September 2011 tentang sikap SPN terhadap RUU BPJS.
Membahas biaya pengadaan sekretariat DPC SPN Kota Semarang terkait kontrak kesekretariatan sudah mulai habis sementara menggunakan dana KSO dengan memperpanjang kontrak 1 tahun.
Pembahasan tentang UMK tahun 2012 perlu adanya koordinasi dengan SP/SB lain termasuk FSBI dan SPSI dalam mensikapi besaran KHL hasil survey Dewan Pengupahan sekitar Rp. 982.000,-
4)    Senin, 10 Oktober 2011 di Sekretariat DPC
Pelaksanaan rapat pleno sekaligus Rapat Koordinasi DPC SPN Kota Semarang ini dengan materi menindaklanjuti intruksi dari DPP SPN tentang penggabungan 4 BPJS dengan melakukan aksi nasional untuk penolakan RUU BPJS pada tanggal 18 Oktober 2011 di Gedung DPR RI Jakarta.
Selain itu dalam rapat pleno tersebut juga mensikapi perkembangan kondisi usulan UMK tahun 2012 yang berdasarkan masing-masing unsur sebagai berikut :
§  Apindo Kota Semarang mengusulkan sebesar Rp. 972.000,-
§  Dewan Pengupahan Kota Smg mengusulkan sebesar Rp. 981.000,-
§  Walikota Semarang mengusulkan sebesar Rp. 991.500,-
§  SPN Kota Semarang mengusulkan sebesar Rp.1.400.000,-
Dengan kondisi seperti ini, maka DPC SPN kota Semarang menginstruksikan keanggota PSP SPN se_Kota Semarang untuk melakukan aksi penolakan hasil Survey KHL rata-rata dari bulan Januari s/d Juli 2012 dan menolak usulan Walikota Semarang sebesar Rp.991.500,- .  Aksi ini akan dilaksanakan pada hari Kamis, 13 Oktober 2011 dengan target Gubernur Jawa Tengah.
5)    Sabtu, 12 November 2011 di Sekretariat DPC
Membahas tentang perkembangan RUU BPJS dimana ada informasi terkait diundurnya pengesahaan RUU BPJS. Dalam hal ini terdapat tarik ulur antara DPR RI dengan Pemerintah yang masih belum sepaham mensikapi RUU BPJS, sementara dikalangan buruhpun juga berbeda pendapat dalam mensikapi RUU BPJS tersebut.
Sharing dan identifikasi kasus yang terjadi di masing-masing PSP SPN dan khususnya tentang kasus upah yang belum dibayarkan (terlambat) di PT. Mulya Prima Replicatama dan merencanakan strategi untuk mengadvokasi persoalan tersebut.
6)    Sabtu, 3 Desember 2011 di Sekretariat DPC
Mensikapi statment kebohongan Kadisnakertrans Propinsi Jawa Tengah  (Edison Ambarua) yang menyatakan bahwa UMK tahun 2012 akan direvisi hal ini disampaikan di depan puluhan ribu aksi massa buruh SPN dalam aliansi Gerbang.
Setting aksi untuk menduduki dan bermalam di kantor Gubernur Jawa Tengah terkait tuntutan revisi UMK tahun 2012 yang belum terealisasi.
7)    Rabu, 28 Desember 2011 di Sekretariat DPC
Melakukan evaluasi atas proses advokasi SPN Kota Semarang dalam memperjuangkan UMK yang belum memperoleh hasil maksimal terkait dengan kebijakan pemerintah dalam penetapan UMK. Ke depan perlu adanya konsistensi dalam perjuangan mengawal upah di kota Semarang.
Disamping itu juga membahas beberapa hal  tentang iuran organisasi (COS) dari PSP SPN yang akhir-akhir ini cenderung terhambat. Dibutuhkan perhatian khusus dan tanggungjawab dari setiap PSP SPN bahwa sesuai AD/ART maka 50 % dari iuran anggota menjadi hak perangkat organisasi diatasnya.
8)    Kamis, 19 Januari 2012 di Sekretariat DPC
Melakukan konsolidasi dan evaluasi terkait kinerja perangkat SPN Kota Semarang dengan harapan kinerja berikutnya akan semakin baik dan solid didalam tubuh SPN Kota Semarang,
Sharing dan identifikasi kasus-kasus di masing-masing PSP SPN Kota Semarang.
Membangun strategi untuk mengawal UMK, maka diawal tahun 2012 ini dengan meningkatkan SDM pada Dewan Pengupahan Kota unsur buruh utamanya dari SPN Kota Semarang.
9)    Kamis, 23 Februari 2012 di Sekretariat DPC
Pembahasan perkembangan advokasi Upah dalam sistem pengupahan yang layak di Kota Semarang dan DPC SPN Kota Semarang akan selalu mengadakan konsolidasi baik dengan PSP SPN maupun dengan Aliansi SP/SB lain dalam memperjuangkan upah layak.
Sharing dan identifikasi kasus tiap-tiap PSP SPN khususnya prioritas pada hak pesangon pekerja yang ter PHK.
Membahas rencana pelaksanaan pendidikan perempuan SPN se-Kota Semarang yang akan diadakan di PSP SPN PT. Bitratex diharapkan setiap PSP dapat mengirim pengurus/anggota perempuan.
RAPAT KOORDINASI TINGKAT CABANG
1)    Sabtu, 15 Oktober 2011 di Sekretariat DPC
RAKORCABSUS (Rapat Koordinasi Cabang Khusus) : Persiapan aksi nasional penolakan RUU BPJS di DPR RI, membahas tentang perlengkapan aksi (bendera, seragam, ikat kepala, dll), transportasi, konsumsi dan teknis pemberangkatan ke Jakarta, dimana SPN Kota Semarang tercatat ada 56 orang peserta yang akan ikut.
2)    Rabu, 23 November 2011 di Gedung Jamsostek Jl.Pemuda
RAKORCAB (Rapat Koordinasi Cabang) : Pernyataan sikap SPN Kota Semarang terhadap UMK 2012,  dalam pernyataan sikap ini SPN Kota Semarang menolak SK Gubernur Jateng dan angka usulan walikota semarang sebesar Rp. 991.500,- serta membangun semangat optimisme dan konsistensi untuk melakukan aksi besar terhadap Gubernur Jawa Tengah untuk merevisi UMK 2012.
Pembahasan tentang perkembangan RUU BPJS dan rencana tindaklanjut dalam advokasinya.
3)    Sabtu, 3 Maret 2012 di Sekretariat DPC
RAKORCAB: Melakukan evaluasi hasil survey KHL oleh DP Kota Semarang, koordinasi langkah dan strategi supaya hasil survey KHL bisa maksimal.
Pembahasan hasil Majelis Nasional (MAJENAS) di Bandung untuk disosialisasikan pada Rakorcabsus.
Pembahasan persiapan pelaksanaan Rencana Strategis (RENSTRA) DPC SPN Kota Semarang.
4)    Senin, 26 Maret 2012 di Sekretariat DPC
RAKORCABSUS: Rapat koordinasi yang dilakukan oleh DPC pada kali ini untuk mensosialisasikan hasil MAJENAS DPP SPN kepada pengurus PSP SPN se_Kota Semarang. Dimana hasil rekomendasi MAJENAS tersebut diantaranya adalah sbb ;
§  Melakukan penolakan terhadap rencana pemerintah yang akan menaikan BBM pada 1 April 2012.
§  Melakukan aksi secara serempak ditingkat nasional pada hari Kamis, 29 Maret 2012.
§  Menuntut penyesuaian kenaikan UMK sebagai konsekuensi BBM jika tetap dinaikan.
Disamping itu juga dilakukan seting aksi sekaligus estimasi peserta aksi terkait dengan rencana aksi yang akan dilakukan pada hari Kamis, 29 Maret 2012  mengingat aksi ini akan dilakukan serempak oleh SPN di seluruh Indonesia dan Jawa Tengah pada khususnya.
5)    Sabtu, 21 April 2012 di Sekber Tripartit Disnakertrans
RAKORCAB: Pembahasan rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh DPC SPN kedepan sekaligus persiapan dan pemantapan dari masing-masing PSP SPN terkait dengan agenda peringatan May day.
Pembahasan mengenai rencana RAKERCAB yang akan diadakan di Kota Semarang. Dimana PSP dimintai pendapat dan masukannya terkait pelaksanaan dan kepesertaan RAKERCAB.
6)    Senin, 23 April 2012 di RM.Sambara
Rapat Koordinasi dengan Kapolrestabes dan Polda bersama Serikat Pekerja/buruh se Kota Semarang menjelang pelaksanaan Mayday pada tahun 2012 ini, Kapolrestabes mengundang beberapa elemen Serikat Pekerja dan Serikat Buruh untuk berkoordinasi terkait dengan pelaksanaan Mayday sekaligus mengidentifikasi beberapa permasalahan yang selama ini seringkali dihadapi oleh para pekerja.
Beberapa permasalahan yang sempat muncul dalam diskusi kali ini diantaranya :
§  Terkait koordinasi dalam pelaksanaan aksi SP/SB selama ini yang memang secara tidak langsung ada kebutuhan untuk pengamanan kegiatan dari pihak kepolisian sehingga seyogyanya pula jika setiap aksi dibuat pemberitahuan;
§  Kondisi dilapangan yang sering adanya perbedaan pandangan baik dari pihak kepolisian dan peserta aksi perlu adanya pendinginan suasana dan situasi dari kedua belah pihak sehingga meminalkan bentrokan-bentrokan yang tidak perlu;
§  Pemenuhan hak-hak normatif yang hingga saat ini masih banyak permasalahan salah satunya akibat ada kelambanan dari pemerintah khususnya dalam menangani persoalan pekerja;
RAPAT DI TINGKAT DAERAH JAWA TENGAH
1)    Kamis, 14 Juli 2011 di Kabupaten Semarang
RAKORDASUS (Rapat Koordinasi Daerah Khusus): merupakan Rapat Koordinasi yang diselenggarakan oleh DPD SPN Jateng yang melibatkan DPC SPN se_Jateng. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka koordinasi perangkat organisasi SPN  dan membahas tentang tanggapan atas rencana pemerintah untuk mengesahkan UU BPJS kemudian dilanjutkan diskusi tentang RUU BPJS, pembicara dalam diskusi tersebut adalah : Ketua DPD SPN Jateng (Suparno, SH) dan Ketua Umum SPN (Bambang Wirahyoso, SE).  
Hasil dari Rakordasus tersebut telah merekomendasikan kepada DPP SPN untuk mengusulkan kepada DPR RI dan pemerintah RI agar menyesuaikan dengan bab III tentang asas, tujuan dan prinsip penyelenggaraan pasal 4 UU No. 40 tahun 2004 tentang SJSN dan membentuk BPJS baru untuk rakyat miskin serta menginstruksikan penarikan dana peserta JHT Jamsostek secara nasional dan juga melakukan aksi nasional ke DPR RI di Jakarta.
2)    Jum’at-Sabtu, 13-14 April 2012 di Hotel Moroseneng Baturaden
RAKERDA (Rapat Kerja Daerah) II  ini adalah Rapat kerja yang diselenggarakan oleh DPD SPN Jawa Tengah untuk Melaporkan kegiatan kerja DPD tahun 2011-2012 dan menyusun program kerja satu tahun kedepan, kegiatan kali ini diselenggarakan di Hotel Moroseneng Baturaden guna mempromosikan organisasi SPN di daerah Purwokerto dan sekitarnya ini dan diikuti oleh DPC SPN se_Jateng dan PSP SPN sebagai peninjau yang terlibat langsung dalam proses penentuan kebijakan organisasi ditingkat Jateng. Dalam RAKERDA II ini menghasilkan rekomendasi tentang kegiatan Mayday yang dilakukan dimasing-masing daerah dengan mengangkat isu Penegakan Hukum dibidang Ketenagakerjaan, 1 Mei menjadi hari libur Nasional dan menuntut Upah layak.
RAPAT DI TINGKAT NASIONAL
1)    Rabu, 14 September 2011 di Hotel Citra Dewi Bandungan
RAKORNASUS (Rapat Koordinasi Nasional Khusus): merupakan rapat koordinasi tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh DPP SPN untuk membahas persoalan khusus yaitu tentang RUU BPJS dan untuk ini DPC SPN sebagai peserta dalam pembahasan materi terkait sikap SPN terhadap RUU BPJS dan pembahasan rencana penyelenggaraan MAJENAS II.  Kesimpulan dari RAKORNAS tersebut adalah pelaksanaan dan persiapan aksi nasional pada tanggal 18 Oktober 2011 di DPR RI untuk menolak RUU BPJS. Dan pelaksanaan MAJENAS III ada wacana untuk diselenggarakan di Batam.
2)    Senin-Rabu 19-21 Maret 2012 di Hotel Alam Indah Lembang, Bandung
MAJENAS (Majelis Nasional) III : merupakan Rapat kerja yang diselenggarakan oleh DPP SPN setiap satu tahun sekali yang berfungsi dalam pelaporan kerja DPP SPN tahun 2011-2012 dan merumuskan program kerja, APBO dan rekomendasi tahun 2012-2013.
MAJENAS III yang sebelumnya direncanakan di Batam, namun karena berbagai faktor tidak mendukung kemudian diadakan di Lembang Bandung. Dalam kegiatan tersebut, MAJENAS III juga mengadakan diskusi publik dengan beberapa materi tentang “Kesiapan PT.Jamsostek (persero) Menuju BPJS Ketenagakerjaan” yang disampaikan oleh Direktur PT.Jamsostek (Hotbonar Sinaga), “Sistem Pengawasan Ketenagakerjaan di Indonesia” yang disampaikan oleh Kasubdit Pengawasan Norma Jaminan Sosial Tenaga Kerja, dan “Mensikapi Rencan Kenaikan Harga BBM” disampaikan oleh Irsanudin Norsy.
Dan dalam MAJENAS III telah merekomendasikan beberapa hal diantaranya adalah tentang sikap SPN menolak kenaikan harga BBM dan menginstruksikan untuk melakukan aksi dimasing-masing daerah, dan juga Mayday dimasing-masing daerah.
PENAMBAHAN ANGGOTA PSP SPN BARU
Sebagai bagian dari pengembangan organisasi yang dilakukan saat ini adalah mendata setiap jumlah keanggotaan dari anggota DPC SPN Kota Semarang yang hingga bulan April 2012 tercatat ada 30 PSP SPN tingkat Perusahaan. Sedangkan jumlah anggota secara keseluruhan berkisar lebih dari 18.000 anggota yang terdaftar dan telah memliki KTA (kartu tanda anggota). Kemudian juga telah bertambah anggota baru dari beberapa pekerja menjadi PSP SPN ditingkat perusahaan. Adapun anggota yang masuk untuk bergabung dengan DPC SPN Kota Semarang, adalah sebagai berikut :
1)    PSP SPN PT. Grand Best Indonesia
Berada di Perusahaan yang bergerak dibidang Garment ini terletak di Jl. Coaster No. 8 Blok B 20 – 21 Kawasan Tanjung Mas Semarang ini telah tercatat sebagai anggota DPC SPN sejak dikeluarkannya nomor bukti pencatatan dari Disnakertrans Kota Semarang pada tanggal 12 Oktober 2011 dengan bukti pencatatan dari Disnakertrans Kota Semarang nomor: 822/251/OP.SP/17/X/2011, dan telah mengalami 3 kali pergantian kepengurusan dan terakhir yang dilantik oleh DPC SPN Kota Semarang pada hari Rabu, 22 Februari 2012 di Ruang kantin PT.Grand Best Indonesia.
Dalam pelantikan ini juga dihadiri oleh Factory manager PT. GBI yaitu Mr. Shay dan Pak Arif yang mendampingi sebagai penerjemah. Dengan potensi jumlah anggota lebih dari 2000 orang, maka pelantikan pengurus PSP SPN PT.Grand Best Indonesia disaksikan oleh perwakilan anggota dari setiap bagian. Dan telah dilantik kepengurusan PSP SPN PT.Grand Best Indonesia periode tahun 2011 – 2014 ini telah disahkan oleh DPC SPN Kota Semarang dengan nomor S.Kep-021/DPC-SPN/ORG/V/2012 tanggal 10 mei 2012, dengan komposisi dan kepengurusan sebagai berikut :
§  Ketua                                                                           : Karmanto
§  Wk Ketua Bidang Organisasi                                      : Istiningsih
§  Wk Ketua Bidang Advokasi                                         : Nuryanti
§  Wk Ketua Bidang Pendidikan                                     : Isa Munika
§  Wk Ketua Bidang Olahraga dan Sosial                       : Asis Muslim
§  Wk Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan            : Sri Lasmini
§  Wk Ketua Bidang Keuangan                                       : Anik Miyatun
§  Sekretaris                                                                    : Sri Puji Astuti
§  Wk Sekretaris                                                              : Wulandari
§  Koordinator Line 1 10 GBI 1                                        : Susyani
§  Koordinator Line 11 20 GBI 1                                      : Sari Rejeki
§  Koordinator Line 1 8 GBI 2                                          : Latiroh K
§  Koordinator Line 9 15 GBI 2                                        : Nur Hidayah
Setelah pelantikan pengurus PSP acara dilanjutkan dengan perkenalan sekaligus pembekalan dan dialog antara PSP SPN PT.GBI dengan DPC SPN Kota Semarang. Dalam dialog ini terkait rekruitment anggota mengingat kecenderungannya pekerja bersedia bergabung jika mengalami masalah, kemudian bagaimana jika ada masalah yang dialami oleh pekerja yang bukan anggota SPN tetapi minta bantuan ke SPN.
2)    PSP SPN PT. Ploss Asia
Berada di Perusahaan yang terletak di Jl. Raya Semarang-Kendal KM 12 kawasan industri wijaya kusuma Semarang, bergerak dibidang furniture. PSP SPN PT. Ploss Asia telah tercatat dengan nomor bukti pencatatan 825/251/OP.SP/XI/2011 pada tanggal 4 november 2011 dan menjadi anggota DPC SPN Kota Semarang dengan SK DPC SPN Kota Semarang Nomer: S.Kep-014/DPC-SPN/ORG/XI/2011 serta dilantiknya komposisi dan kepengurusan periode tahun 2011-2014 adalah sbb;
§  Ketua                                                               : Mohlisin
§  Wk Ketua Bid Organisasi                                : M.Faizin
§  Wk Ketua Bid Advokasi                                   : Mukayatanas
§  Wk Ketua Bid Pendidikan                               : Turwansari
§  Wk Ketua Bid Keuangan                                 : Zakirotun
§  Sekretaris                                                        : Sulastri
3)    PSP SPN PT. Kencana Label Industry
Berada di Perusahaan yang terletak di Jl.Raya Semarang-Kendal KM 12 Semarang yang bergerak dibidang accesoris. PSP SPN ini telah tercatat di Disnakertrans Kota Semarang dengan nomor bukti pencatatan: 854/251/OP.SP/24/III/2012 pada tanggal 29 maret 2012. Pelantikan pengurus PT. KLI dilakukan pada hari Sabtu 7 April 2012, dengan SK DPC No. S.Kep/DPC-SPN/ORG/III/2012 tanggal 26 Maret 2012. Dengan komposisi dan kepengurusan sebagai berikut :
§  Ketua                                       : Yulianti
§  Wk Ketua Bid. Organisasi       : Sri Sularsi
§  Wk Ketua Bid. Advokasi          : Suhermawati
§  Wk Ketua Bid. Keuangan        : Sri Purwanti
§  Wk Ketua Bid. Keuangan        : Rofiah
§  Sekretaris                                : Sri Puji Astuti
§  Wk Sekretaris                          : Setyowati
§  Koordinator Bidang                 : Suniarti
§  Koordinator Bidang                 : Evi Novitasari
§  Koordinator Bidang                 : Supa’ati
§  Koordinator Bidang                 : Siti Muyaroh
§  Koordinator Bidang                 : Siti Sari
§  Koordinator Bidang                 : Sari Rejeki
Dalam perkembangan organisasi ini masih ada beberapa pekerja diperusahaan yang ingin bergabung dengan SPN yang sudah berkoordinasi tetapi karena ada beberapa kendala sehingga belum bergabung dengan DPC SPN Kota Semarang diantaranya sbb:;
1.    Pekerja PT. Mulya Garmindo Jl. Coaster Tanjung Mas dibidang Garment, sampai saat ini belum ada konfirmasinya untuk bergabung;
2.    Pekerja PT. Batu Rusa Jl.Madukoro dibidang Farmasi belum ada konfirmasi bergabung dengan DPC SPN Kota Semarang;
3.    Pekerja PT.Cipta Busana Sayung dibidang Garment, sudah ada rencana gabung ;
PENGEMBANGAN PERANGKAT PSP SPN
1)    Sabtu, 4 Pebruari 2012 di Aula Jamsostek Pemuda
KONFERTA PSP SPN PT.Jansen Indonesia ini mengagendakan Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban pengurus sebelumnya, Perumusan program kerja dan pembentukan kepengurusan periode selanjutnya. Sehingga terbentuk kepengurusan PSP SPN PT. Jansen Indonesia periode tahun 2012 – 2015 dan telah dilantik serta dikeluarkan SK DPC SPN Kota Semarang Nomor : S.Kep 017/DPC SPN/ORG/II/2012 pada tanggal 4 Februari 2012. Adapun komposisi dan susunan kepengurusan PSP SPN PT. Jansen Indonesia adalah sebagai berikut :
§  Ketua                                                               : Sahri
§  Wk Ketua Bid Organisasi                                : Sugiyono
§  Wk Ketua Bid Advokasi                                   : Slamet Widodo
§  Wk Ketua Bid Pendidikan                               : Wahyudi
§  Wk Ketua Bid Pemberdayaan Perempuan      : Puji Astuti
§  Wk Ketua Bid Keuangan                                 : Sugiyati
§  Sekretaris                                                        : Mirsa Salasa
§  Wk Sekretaris                                                  : Ahmad Mudzakir
2)    Minggu, 19 Pebruari 2012 di CV.Panca Gemilang
Pelantikan pengurus PSP SPN CV. Panca Gemilang periode tahun 2012 –2015 ini dilakukan setelah terbentuknya kepengurusan PSP SPN CV.Panca Gemilang dengan dikeluarkan SK DPC SPN Kota Semarang Nomor : S.Kep 019/DPC-SPN/ORG/II/2012 tertanggal 19 Februari 2012. Adapun komposisi dan susunan kepengurusan PSP SPN CV. Panca Gemilang adalah sebagai berikut :
§  Ketua                                       : Jayus
§  Wk Ketua Bid. Advokasi          : Supriyanto
§  Wk Ketua Bid. Organisasi       : Nur Aliah
§  Wk Ketua Bid. Pendidikan      : Mukazaroh
§  Wk Ketua Bid. Perempuan      : Sofiatun
§  Sekretaris                                : Slamet Suyamto
§  Wk Sekretaris                          : Anisa
§  Perwakilan Anggota                 : Warsi
§  Perwakilan Anggota                 : Istikomah
§  Perwakilan Anggota                 : Sriyatun
§  Perwakilan Anggota                 : Rini Amriyani
3)    Senin, 5 Maret 2012 di Aula PT.Pantjatuggal Knitting Mill
Pelaksanaan RAKERTA PSP SPN PT. Pantjatunggal Knitting Mill yang berada di Jl.Simongan 84 ini mengagendakan adanya Laporan Pertanggungjawaban Tahun 2011-2012 dari kepengurusan Sdr.Teguh. Kemudian dilanjutkan pembahasan program kerja satu tahun kedepan dan melakukan  penggantian Ketua melalui mekanisme pemilihan Ketua PSP SPN. Mengingat Ketua sebelumnya sdr.Teguh  telah mengundurkan diri dari PT.Pantjatunggal Knitting Mill, dan untuk mengisi kekosongan berdasarkan pada mekanisme yang diatur didalam AD/ART maka salah satu wakil ketua dapat menggantikan sebagai Ketua. Namun setelah disepakati dalam RAKERTA maka para wakil ketua akan dipilih oleh delegasi yang hadir.
Proses pemilihan ketua dilakukan secara demokratis dan disaksikan oleh DPC SPN Kota Semarang dimana setiap delegasi yang hadir berhak memilih salah satu dari para wakil ketua yang menjadi calon ketua . Adapun beberapa wakil ketua yang dipilih menggantikan sebagai Ketua adalah sdr.Adip, sdr.Jamian, sdri.Siti, sdr.Andi, sdr.Umrini. Dari hasil pemilihan diperoleh suara sebagai berikut ; sdri.Siti : 2 suara, sdr.Andi : 0, sdri.Umrini : 1 Suara, sdr.Adip : 4 Suara, sdr.Jamian : 32 suara, tidak sah : 1 suara. Dengan hasil tersebut akhirnya terpilih sdr.Jamian untuk melanjutkan periode sebelumnya sebagai Ketua PSP SPN PT.Pantjatunggal Knitting Mill 1 dengan sisa jabatan selama 1 tahun kedepan.
Komposisi kepengurusan disahkan melalui SK DPC Nomor : S.Kep. 019/DPC-SPN/ORG/III/2012 tanggal 05 Maret 2012. Komposisi dan kepengurusan PSP SPN PT. PKM adalah sebagai berikut :
§  Ketua                                                   : Jamian
§  Wk Ketua Bid. Advokasi I                    : Adip Mujiono
§  Wk Ketua Bid. Advokasi II                   : Umrini Listiyani
§  Wk Ketua Bid. Pendidikan                  : Andi Daryanto
§  Wk Ketua Bid. Perempuan                  : Siti Masrufatin
§  Wk Ketua Bid. Organisasi                   : Ivan Risnanda
§  Wk Ketua Bid. Kegiatan                      : Wahyudi
§  Sekretaris                                            : Dwi Supriyanto
§  Wk Sekretaris                                      : Puji Rahayu
§  Wk Sekretaris Bid. Keuangan I           : Sri Wahyuni
§  Wk Sekretaris Bid. Keuangan II          : Fiken Ariyani
 4)    Rabu, 11 April 2012 di Aula PT.Sinar Pantja Djaja
Pelantikan pengurus PSP SPN PT. Sinar Pantja Djaja Periode tahun 2012-2015 yang sebelumnya telah terbentuk melalui KONFERTA PSP SPN PT.Sinar Pantja Djaja, dengan Surat Keputusan DPC SPN Kota Semarang Nomor: S.Kep.022/DPC-SPN/ORG/IV/2012 tertanggal 11 April 2012. Komposisi dan kepengurusan PSP SPN PT. Sinar Pantja Djaja yang terbentuk adalah sebagai berikut :
§  Ketua                           : Slamet Kaswanto, A.Md, SH
§  Wk Ketua                     : Aryadi
§  Wk Ketua                     : Suhono
§  Wk Ketua                     : Suprayitno
§  Sekretaris                    : Supama
§  Wk Sekretaris              : Catur Sulistiyowati
§  Wk Sekretaris              : Ariska
4)    Sabtu, 28 April 2012 di Aula PT.Bitratex Industries
Rakerta PSP PT. Bitratex Industries yang diselenggarakan untuk melaporkan kinerja PSP dalam satu tahun yaitu tahun 2011-2012 dan menyusun program kerja satu tahun kedepan dengan melibatkan anggotanya, hal ini dilakukan sebagai bentuk pertanggung jawaban pengurus PSP dan rencana strategis dalam menata organisasi sekaligus meminta masukan dari para anggotannya sehubungan dengan kerja-kerja selama satu tahun kedepan.
v  ROAD SHOW (KUNJUNGAN KERJA) KE PSP SPN
Kegiatan ini dilaksanakan untuk konsolidasi dan inventarisasi data keanggotaan SPN Kota Semarang khususnya pada PSP yang kurang aktif, disamping untuk mendata jumlah anggota, SK kepengurusan PSP, mendata KTA, identifiksi kasus yang terjadi, road show ini juga mendorong setiap PSP SPN untuk menyelenggarakan kegiatan keorganisasian dengan baik misalnya Konferta, Rakerta maupun pleno bulanan sehingga harapannya adalah terciptanya organisasi yang baik yang profesional sesuai tujuan SPN. Dalam laporan ini tidak Kami sebutkan tanggal dan PSP yang sudah dikunjungi karena rata-rata sudah dikunjungi dan bahkan lebih dari sekali dalam sebulan oleh DPC SPN Kota Semarang.
v  VERIFIKASI KEANGGOTAAN UNTUK KELEMBAGAAN
1)    Rabu, 28 Desember 2011 di Disnakertrans
Verifikasi Keanggotaan Serikat Pekerja untuk Kelembagaan LKS Tripartit dan Dewan Pengupahan Kota Semarang Di Disnakertrans Kota Semarang, Agendanya rapat verifikasi keanggotaan SP / SB se Kota Semarang. Hal ini terkait dengan pelaksanaan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Disnakertrans Kota Semarang dalam proses pencatatan serikat pekerja/serikat buruh dan sekaligus menghadapi berakhirnya masa kerja dari kelembagaan LKS Tripartit dan Dewan Pengupahan. Maka dikumpulkan beberapa SP/SB yang ada di Kota Semarang untuk disampaikan hasil sementara verifikasi SP/SB tersebut. Beberapa SP/SB yang diundang diantaranya KSPSI (SP Niba, SP RTMM, SPSI, SPTI), SP Kahutindo, SP Farkes Reformasi, SPN, FSBI, FSPI, SP Pantura, SBSI.
Dari data yang disampaikan terdapat beberapa persoalan seperti :
§  Masih adanya data yang tidak valid khususnya bagi anggota SPN yang anggotanya tidak dimasukkan secara keseluruhan dibandingkan dengan data yang dibuat oleh Disnaker yang menggunakan data lama.
§  Kurang transparannya mekanisme penyusunan data, cara dan bagaimana hasil verifikasi dibuat.
§  Belum jelasnya data khususnya bagi perusahaan yang didalamnya ada 2 SP/SB.
Data anggota SPN Kota Semarang versi Disnakertrans sebanyak  16.512 padahal data riil verifikasi yang dimiliki oleh SPN jauh lebih besar yaitu 20.296. Oleh karena data yang masih dipertanyakan dan kurang  lengkap tersebut maka belum diadakan penghitungan dan pembagian keanggotaan dikelembagaan yang ada. Disamping itu bagi SP yang masih merasa bahwa adanya rangkap keanggotaan di satu perusahaan untuk menghitung ulang jumlah anggota yang ada dalam perusahaan tersebut.
Terkait dengan penyampaian hasil verifikasi kegiatan Serikat Pekerja / Serikat Buruh (SP/SB) yang telah dilakukan pada hari kamis yang lalu. Maka pada hari ini disepakati untuk mengecek terlebih dahulu data keanggotaan dari SP/SB yang kemarin dirasakan masih bermasalah. Dari korscek ulang inilah kemudian ditemukan beberapa anggota dari SPN yang masih kurang akhirnya dari tambahan data tersebut anggota SPN menjadi lebih dari 18.000. sehingga SPN dipastikan mendapatkan satu kursi di Dewan Pengupahan. Sementara sisa suaranya akan dihitung ulang untuk kemudian dirangking dan siapa yang akan menduduki sisa kursi dikelembagaan yang ada.
Sempat muncul perdebatan dan rebutan dari satu sisa kursi yang ada di Dewan Pengupahan dimana 2 untuk KSPI, 1 Untuk KSPSI dan satu untuk SPN. Akhirnya setelah dilakukan komunikasi dengan KSPSI yang sebelumnya mengambil satu kursi di LKS Tripartit akhirnya mengambil 2 dan ntuk kemudian kursi ini diserahkan ke SPN mengingat FSBI juga mengincar kursi ini. Dan untuk menindaklanjuti hal ini dengan membuat kesepakatan bersama yang akan dijadikan dasar agar SPN tetap mendapatkan 2 kursi di Dewan Pengupahan.
2)    Rabu, 4 Januari 2012 di Sekretariat KSPSI
Konsolidasi Kelembagaan antara SPN dengan KSPSI Kota Semarang bertempat di Sekretariat DPC KSPSI Kota Semarang (ruko Bubakan Lantai III). Hal ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti hasil verifikasi dan sekaligus pembagian kursi di kelembagaan Tripartit maupun Dewan Pengupahan Kota Semarang. Dimana dalam pembagian kursi tersebut ada kesepakatan yang harus dibuat (lihat lampiran) kaitannya dengan kursi di DP Kota Smg. Dari koalisi yang terbangun diperoleh suara 2 untuk KSPSI dimana komposisinya 1 kursi di DP Kota dan 1 kursi di LKS Tripartit, dan SPN Kota Semarang 2 kursi di DP Kota Smg.
Dalam proses komunikasi ini dibicarakan pula pentingnya pembagian peran antas SP/SB, mengingat potensi kekuatan yang dimiliki berbeda-beda sehingga bagaimana mendorong peningkatan kesejahteraan buruh dapat terpenuhi. Namun masih ada persoalan yang belum selesainya terkait proses verifikasi keanggotaan serikat pekerja akibat dari adanya data yang kurang, lebih maupun ganda. Maka perlu dilakukan adanya pengecekan ulang terhadap data verifikasi dari SPN yg telah dimasukan ke Disnakertrans Kota Semarang. Dari data yg telah diminta kembali terdapat data di Disnaker sebanyak 20 PSP oleh karena itu perlu diminta dan dicopy untuk dicocokan dengan data sementara yg telah dibuat oleh Disnakertrans.
Data ini penting karena berdasarkan pada hasil verifikasi yang telah dikirimkan oleh DPC SPN Kota Semarang kepada Disnakertrans ternyata ada beberapa yang tidak sesuai dengan data yang disajikan oleh Disnaker sehingga perlu dilihat ulang dari setiap data yang ada, hal-hal yang belum benar bisa dikoreksi secara lebih baik.
Menindaklanjuti hasil verifikasi yang diduga tidak sesuai dengan data dilapangan, khususnya terhadap jumlah anggota SPN. Maka perlu dilakukannya komunikasi dengan Disnaker selaku pelaksana verifikasi. Mengingat hasil verifikasi cukup mempengaruhi komposisi kelembagaan baik di Dewan Pengupahan maupun LKS Tripartit. Maka bersama dengan beberapa elemen serikat pekerja/serikat buruh yang lain dilakukan audensi bersama dengan Kepala Disnakertrans, dengan didampingi oleh Bp. Ikwan dilakukan audensi menyangkut mekanisme dan cara kerja verifikasi yang telah dilakukan oleh Disnakertrans serta bukti-bukti adanya data dari SP/SB yang tidak valid tsb diantaranya ;
§  Masih dicatatnya keberadaan SP/SB di perusahaan yang jelas-jelas sudah bubar dan di PHK.
§  Rangkap keanggotaan dengan SP yang lain.
§  Ketidaksamaan jumlah anggota dengan jumlah pekerja dalam satu perusahaan.
Dari data yang ada maka Disnakertrans akan mempelajarinya untuk kemudian mengeluarkan data yang baru dari hasil verifikasi. jika  ternyata hal ini dapat merubah keanggotaan dikelembagaan baik Dewan Pengupahan maupun LKS Tripartit yang terbaru.
3)    Kamis, 12 Januari 2012 di Disnakertrans
Menindaklanjuti pengaduan sebelumnya dari SP/SB terkait dengan hasil verifikasi serikat pekerja di Kota Semarang kepada Disnakertrans Kota Semarang. Maka pada kesempatan kali ini dilakukan pertemuan untuk menghitung ulang keanggotaan dari masing-masing SP/SB. Dan dari data-data yang diberikan inilah kedepan akan digunakan sebagai pondasi untuk melakukan verifikasi keanggotaan supaya lebih sesuai dengan fakta dilapangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar