Selamat datang di KSPN Kota Semarang

Dewan Pengurus Daerah Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (DPD FKSPN) Kota Semarang

KSPN CENTER
Perum Green Aryamukti Residence
Jl. Aryamukti Timur No.07 Pedurungan, Semarang
E-mail : kspnkotasemarang@gmail.com,
Nomor bukti pencatatan : 30 / 251 / OP.CS / 17 / VIII / 2014
Rekening DPD FKSPN Kota Semarang : BRI Cabang Brigjen Sudiarto , No.rek : 0435-01 003229 53 7

Selasa, 01 Mei 2012

Ribuan Buruh Geruduk Kantor Gubernur Jateng

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 01/05/2012 13:42 WIB
Browser anda tidak mendukung iFrame
 
Angling Adhitya P/detikcom 
 
Semarang Memperingati May Day, ribuan buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Menggugat (Gerbang) berunjuk rasa di depan kantor gubernur Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang. Mereka berasal dari Serikat Pekerja Nasional, Serikat Pekerja Kahutindo, Federasi Serikat Pekerja Independen, ormas Partai Rakyat Demokrat, dan Federasi Pekerja Indonesia.

Dalam aksinya, massa berorasi dan berpantun menuntut hak-hak mereka di depan kantor gubernur. Sebelumnya, mereka juga sempat memblokir jalan di kawasan jembatan timbang Mangkang.

Mereka menuntut upah layak, menolak kontrak dan outsourching, penegakan hukum, dan penetapan 1 Mei sebagai hari libur nasional.

"Kami merasa penetapan UMK oleh Gubernur Jateng tidak memihak pada kaum buruh," kata koordinator Gerbang Kota Semarang, Heru Budi Utoyo.

Upah sebesar Rp 991.500 yang ditetapkan oleh Gubernur pada November 2011 tersebut dinilai hanya diperuntukkan kepada buruh lajang yang belum bekeluarga.

"Jika buruh yang bermasalah maka akan cepat-cepat ditindak, namun jika perusahaan yang bermasalah maka lama sekali ditindak atau bahkan dibiarkan," kata Heru.

Aksi unjuk rasa tersebut menyebabkan jalan dari arah Siranda menuju Simpang Lima dan sebaliknya, tersendat. Arus lalu lintas dialihkan.

Polisi mengawal ketat aksi tersebut. Lima water canon disiapkan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar