Selamat datang di KSPN Kota Semarang

Dewan Pengurus Daerah Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (DPD FKSPN) Kota Semarang

KSPN CENTER
Perum Green Aryamukti Residence
Jl. Aryamukti Timur No.07 Pedurungan, Semarang
E-mail : kspnkotasemarang@gmail.com,
Nomor bukti pencatatan : 30 / 251 / OP.CS / 17 / VIII / 2014
Rekening DPD FKSPN Kota Semarang : BRI Cabang Brigjen Sudiarto , No.rek : 0435-01 003229 53 7

Kamis, 13 September 2012

Buruh Tuduh PT AST Lakukan Union Busting


SEMARANG, suaramerdeka.com - Ratusan buruh yang tergabung dalam Solidaritas Anti Union Busting (Saung) PT AST Indonesia, menggelar aksi unjuk rasa di depan halaman kantor Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Kota Semarang, Rabu (13/9). Dalam aksi tersebut, buruh mengecam adanya dugaan upaya pemberangusan Serikat pekerja atau Union Busting, yang dianggap telah menghilangkan hak setiap pekerja untuk berorganisasi.

Koordinator Saung AST, Heru Budi Utoyo menegaskan, persoalan Union Busting adalah persoalan yang serius dan dapat menimpa pada setiap orang/buruh. "Karena itu kami minta Disnakertrans segera melakukan pengawasan dan menindaklanjuti proses penyidikan terhadap kasus PHK yang menimpa enam PUK SPEE-FSPMI PT.ASTI yang terjadi tahun 2008 silam," ujar Heru. Selain itu, lanjut Heru, kasus PHK terhadap 175 anggota akibat aksi mogok kerja 9-10 Juli 2012, juga sebagai indikasi upaya Union Busting di PT AST. "Kami menuntut Kepala Disnakertrans, untuk menjalankan fungsi perangkat pengawasannya, serta menindaklanjuti proses penyidikan terhadap kasus PHK enam pengurus PUK SPEE-FSPMI PT AST Indonesia tahun 2008 serta PHK sepihak 175 anggota pengurus PUK SPEE-FSPMI PT AST Indonesia Juli 2012," bebernya.

Sekretaris DPD Serikat Pekerja Nasional (SPN) Jateng Nanang Setiono memberi komentar tambahan, praktik union busting selalu terjadi dalam sejarah serikat pekerja di seluruh dunia. Praktik ini memiliki banyak bentuk, seperti menghalang-halangi pengurus serikat pekerja menjalankan fungsinya, kampanye anti serikat pekerja, mutasi, PHK, menghalangi terbentuknya serikat pekerja dan banyak lagi.
"Praktik union busting adalah musuh bagi serikat pekerja di seluruh dunia dan harus dilawan secara bersama-sama. Kalau kasus-kasus yang pernah terjadi tidak juga dituntaskan, kami akan melakukan pergerakan yang lebih besar," ujar Nanang lantang. ( Lanang Wibisono / CN32 / JBSM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar