Selamat datang di KSPN Kota Semarang

Dewan Pengurus Daerah Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (DPD FKSPN) Kota Semarang

KSPN CENTER
Perum Green Aryamukti Residence
Jl. Aryamukti Timur No.07 Pedurungan, Semarang
E-mail : kspnkotasemarang@gmail.com,
Nomor bukti pencatatan : 30 / 251 / OP.CS / 17 / VIII / 2014
Rekening DPD FKSPN Kota Semarang : BRI Cabang Brigjen Sudiarto , No.rek : 0435-01 003229 53 7

Rabu, 26 Januari 2011

Ribuan Pekerja PT SAI APPAREL Mogok

Kapanlagi.com - Sekitar 11.000 pekerja PT Sai Apparel Semarang, Selasa mogok kerja di kompleks perusahaan dengan tuntutan pengembalian bonus, uang makan, uang transpor dan cuti haid yang dihapus.

Ketua Serikat Pekerja Nasional (SPN) Baryadi yang mendampingi para pekerja mengatakan, sebelumnya pada awal Januari 2008 PT Sai Apparel telah menghapus uang kerja gilir yang seharusnya diterimakan kepada karyawan.

Selanjutnya pada Juli 2008 uang makan sebesar Rp1.750 dipotong 50% menjadi Rp850 per hari, bahkan rencananya akan dihapuskan.

"Selain itu, premi sebesar Rp20.000 rencananya akan dihapuskan mulai Oktober 2008, katanya.

Salah seorang pekerja, Haryanti mengatakan aksi tersebut sebagai bentuk kekesalan karyawan terhadap perusahaan yang bersikap semena-mena.

Kebijakan perusahaan yang bergerak di bidang konveksi ini dinilai oleh mereka sama dengan penyiksaan terhadap pekerja yang selama ini sudah bekerja secara profesional.

"Penghapusan bonus misalnya, kami tidak bisa menerima kebijakan tersebut, karena otomatis kami hanya akan menerima gaji pokok. Ini membuat kami tidak semangat lagi dalam bekerja. Oleh karena itu, kami minta keadilan," katanya.

Setelah melakukan aksi mogok dan pekerja berorasi di depan kantor perusahaan, perwakilan pekerja diterima dan diajak bernegosiasi dengan pihak perusahaan.

Hasil negosiasi disepakati uang premi atau bonus bulanan tidak jadi dihapus.

Manager Accounting PT Sai Apparel Ganesh mengatakan premi tetap akan dibayarkan kepada karyawan yang selama satu bulan penuh tidak absen.

Uang makan yang akan dihapuskan, dan juga cuti haid selama dua hari, akan dinegosiasikan lagi.

"Saya tidak bisa memutuskan hal itu sekarang karena perlu dirapatkan lagi dengan divisi yang ada di Jakarta," katanya.

Rencananya Rabu (29/10) negosiasi lanjutan akan dilakukan antara pihak PT Sai Apparel, SPN dan perwakilan karyawan, serta akan dihadiri pula perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Semarang. (kpl/rif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar